Nirmana Datar - Titik

Nirmana Datar Titik
Gambar Nirmana Datar Titik
      Hai teman-teman.
     Ketemu lagi dengan kumpulankaryadesain. kali ini ane mau ngeshare karya atau bisa disebut juga tugas pertamaku di perkuliahan desain produk Universitas Paramadina.
     Ini merupakan nirmana datar 2 dimensi. Nirmana yang terdiri dari titik ini ane buat terinspirasi dari bentuk kambium pohon. Bentuknya melengkung tapi pusatnya ane geser sedikit ke pojok supaya tak terlihat monoton. Gradasi kumpulan titik ane buat sedemikian rupa agar terlihat berirama.
     Tugas membuat nirmana ini sangat berkesan bagi ane karena butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Lumayan ribet ya, akan tetapi mengasyikkan. Karya ini tidak sekali jadi. Namun ada beberapa tahap yang harus dilalui.
        Pertama, ane harus mencari ide seperti apa bentuk karya yang akan ane buat nantinya. Pencarian ide ini butuh waktu yang tidak sedikit. Perlu waktu-waktu tertentu untuk menemukan sesuatu yang unik. Awalnya ane diwajibkan dosen untuk membuat tiga karya dari tiga ide yang berbeda. Ane pun membuat tiga karya yang diminta. Karya inilah yang disetujui. Untuk ide karya inipun ane dapatkan saat ane mau tidur. Ane ingat saat dulu pernah menebang pohon. Ane juga ingat saat ane belajar biologi SMA yang membahas kambium pohon-pohon.
     Kedua, kesungguhan dan ketelitian sangat dibutuhkan. Saat pembuatan karya ini, ane dituntut untuk sungguh-sunguh dan teliti karena karya ini harus dikerjakan secara sedikit demi sedikit, langkah demi langkah diikuti dengan ketelitian. Bulatan bulatan titik dibuat dengan diameter yang berbeda-beda. Jadi kesalahan harus diminimalisir agar karya ini tidak menjadi karya yang gagal.
      Ketiga, begadang menjadi kewajiban yang tak terelakkan. Dalam membuat karya yang seperti ini, waktu memang sangat berharga. Apalagi jika dikejar dengan deadline yang sangat mepet. Kerja keras harus ada untuk mengejar penyelesaian karya ini tepat waktu.
      Demikian teman-teman, Nirmana itu indah. Hidup kita akan indah jika kita dapat seperti nirmana. Hiduplah seperti tak teratur tapi indah.

0 comments:

Post a Comment

 

Facebook Page

Meet The Author